Perhotelan

Visi

Menjadi program studi vokasi bidang jasa perhotelan yang menghasilkan lulusan terampil, inovatif, berjiwa entrepreneur, menjunjung kearifan lokal dan berakhlak mulia yang diakui secara nasional dan internasional pada tahun 2020


Misi

Misi Program Studi DIII Perhotelan adalah :

  1. Menyelenggarakan kegiatan pendidikan tinggi vokasi, penelitian dan pelayanan/pengabdian kepada masyarakat yang sesuai dengan kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi.
  2. Menghasilkan lulusan berkualitas dan inovatif yang dibekali dengan sertifikat kompetensi nasional di bidang Perhotelan yang didukung dengan akhlak mulia.
  3. Mengembangkan jiwa entrepreneurship pada mahasiswa untuk mendorong tumbuhnya lapangan kerja mandiri di bidang Perhotelan.
  4. Menanamkan sikap daya saing global melalui pendidikan berbasis industri (Industrial Based Education).
  5. Memperluas jaringan kerjasama yang saling menguntungkan dengan berbagai pihak secara berkelanjutan dalam khususnya bidang Perhotelan atau Pariwisata

Tujuan

Selaras dan konsisten dengan misi prodi ditetapkan tujuan Prodi DIII Perhotelan adalah:

  1. Menghasilkan tenaga Junior Hotelier (AMd) didukung dengan keterampilan, pengetahuan dan perilaku yang sesuai dengan kebutuhan industri Perhotelan dan atau Pariwisata
  2. Menghasilkan penelitian dan pengabdian serta pelayanan kepada masyarakat dalam bidang Perhotelan
  3. Menghasilkan penerimaan dan kemanfaatan bagi prodi DIII Perhotelan melalui kerjasama dengan berbagai pihak industri perhotelan
  4. Menghasilkan lulusan yang memiliki etika bisnis dan etika kerja yang dapat bersaing global di industri Perhotelan dan atau Pariwisata.
  5. Menghasilkan lulusan yang menjunjung kearifan lokal
  6. Mendorong tumbuhnya young-entrepreneur yang dapat membuka pekerjaan mandiri.

Pelaksanaan pembelajaran pada prodi perhotelan menerapkan dual sistem yaitu pembelajaran yang berlangsung di kampus dan industri (Industrial Based Training). Perkuliahan berlangsung dengan sistem 1 minggu teori dan 2 minggu praktik yang berlangsung di tiga tempat yaitu kampus Politeknik Bosowa, Hotel Aryaduta Makassar dan Novotel Grand Shayla Makassar sebagai lokasi praktik kampus di industri . Materi pembelajaran dapat diakses dengan sistem edmodo dalam bentuk power point/prezi. Melalui sistem edmodo mahasiswa dapat melihat tugas yang diberikan oleh dosen dan mengumpulkan tugas. Penggunaan sistem edmodo ini dapat mendorong mahasiswa berfikir lebih kreatif serta berwawasan multimedia. Mahasiswa akan melaksanakan Program Praktik Industri (PPI) pada semester 3 & 4 selama hampir 1 tahun di berbagai hotel berbintang di kota-kota besar di Indonesia. Lulusan program studi perhotelan politeknik Bosowa akan dibekali dengan pengalaman kerja 1 tahun.

Struktur kurikulum program studi Perhotelan berdasarkan kelompok bahan kajian sesuai dengan Kepmendiknas No. 232/U/2000 terbagi ke dalam lima unsur kompetensi mata kuliah, yaitu:

  1. MPK (Mata kuliah Pengembangan Kepribadian), yang berbobot: 7 SKS (6 %)
  2. MKK (Mata kuliah Keilmuan dan Ketrampilan), yang berbobot: 26 SKS (24 %)
  3. MKB (Mata kuliah Keahlian Berkarya), yang berbobot: 29 SKS (26 %)
  4. MPB (Mata kuliah Perilaku Berkarya), yang berbobot: 29 SKS (26 %)
  5. MBB (Mata kuliah Berkehidupan Bersama), yang berbobot: 19 SKS (17 %)

Kelompok Mata Kuliah MATA KULIAH Total SKS
Teori Praktek
MPK (Mata kuliah Pengembangan Kepribadian) Pancasila 1 0
Bahasa Inggris Dasar 1 2
Agama dan Etika 1 0
Kewarganegaraan 1 0
Bahasa Indonesia (Tata Penulisan) 1 0
Olah Raga 0 0
MPK (Mata kuliah Pengembangan Kepribadian) Pengantar Pariwisata 1 0
Pengantar Akomodasi & Restoran 1 0
Keselamatan dan Kesehatan Kerja 1 0
Komunikasi Budaya 1 0
Peraturan Ketenagakerjaan 1 0
Bahasa Inggris Hotel 1 2
Bahasa Asing Perancis 1 1
Pengantar Ilmu Akuntansi 1 1
Dasar-Dasar Manajemen 1 0
Aplikasi Komputer 1 1
Bahasa Inggris Boga 1 2
Bahasa Perancis Profesi 1 1
Statistik Pariwisata 1 1
Kewirausahaan 1 1
Bahasa Asing Jerman 1 2
MKB (Mata kuliah Keahlian Berkarya) Dasar Pengolahan Makanan 1 2
Pengetahuan Tata Hidang 1 2
Operasional Tata Graha 1 2
Pengolahan Kue dan Roti 1 2
Operasional Kantor Depan 1 2
Operasional Binatu 1 1
Pengendalian Biaya 1 0
Seni Tata Boga 1 1
Higien, Sanitasi dan Pengelolaan Peralatan1 0
Ilmu Gizi 1 0
Akuntansi Hotel 1 1
Psikologi Pelayanan Hotel 1 0
Etika Profesi Hotel 1 0
Kualitas Pelayanan Hotel 1 0
Sistem Informasi Hotel 1 1
MPB (Mata kuliah Perilaku Berkarya)) Manajemen Acara dan Konvensi 1 1
Manajemen Pemasaran Hotel 1 1
Manajemen Hotel 1 1
Manajemen Tata Graha 1 2
Manajemen Kantor Depan 1 2
Manajemen Bartending 1 1
Manajemen Patiseri 1 1
Manajemen Pengolahan Makanan 1 2
Manajemen Tata Hidang 1 2
Bahasa Inggris Profesi 1 2
Teknik Supervisi Hotel 1 1
Metodologi Penelitian Pariwisata 1 1
MPB (Mata kuliah Perilaku Berkarya)) Program Praktik Industri I 0 6
Seminar Praktik Industri I 0 1
Program Praktik Industri II 0 6
Seminar Praktik Industri II 0 1
Proyek Akhir **) 0 4
Proposal Proyek Akhir 1 0

Kompetensi lulusan Diploma-III Program Studi Perhotelan disusun berdasarkan parameter kompetensi yang terdiri dari:

  1. Tingkatan kompetensi (pengetahuan & ketrampilan, alih pengetahuan & ketrampilan, dan tugas & wewenang)
  2. Karakteristik pekerjaan (aspek pengoperasian, aspek pemanfaatan, dan aspek pengelolaan)
  3. Lima aspek pelaksanaan pekerjaan (plan, do, check, prevention, action)

Profil lulusan Diploma III (D-III) Program Studi Perhotelan merujuk kepada bidang pekerjaan atau jenis pekerjaan yang berkaitan langsung dengan industri dengan sebutan kualifikasi Junior Hotelier yang diharapkan dapat berperan sebagai:

  1. Assistant Maitre d’Hotel (captain/supervisor) memiliki tanggung jawab mengontrol operasional Restoran dimulai sebelum membuka restoran hingga menutup operasional restoran.
  2. Demi Chef memiliki tanggung jawab membantu menjalankan tugas chef, mengontrol kerja bawahannya (first commis, second commis dan cook helper) pada area main kitchen, pastry, cold kitchen ataupun butcher kitchen.
  3. Front Office oficer memiliki tanggung jawab melaksanakan pekerjaan seputar reception, reservation, hotel operator, business center dan concierge.
  4. Sales Marketing memiliki tanggung jawab melakukan promosi pada institusi pemerintahan, perusahaan/ perorangan serta mengatur sebuah acara di Hotel.
  5. Housekeeping officer memiliki tanggung jawab melaksanakan pekerjaan untuk administrasi departemen Tata Graha dan Laundry Hotel.
  6. Staff Hotel Accounting terdiri dari beberapa lingkup pekerjaan seperti; purchasing, receiving, cashier, cost control, store keeper.
  7. GRO (Guest Relation Officer) memiliki tanggung jawab menangani tamu group, VIP yang membutuhkan pelayanan ekstra selama menginap atau melaksanakan acara di Hotel.

Foto Kegiatan Mahasiswa

Post 8

EVENT FESTIVAL JEPANG MAHASISWA PRODI PERHOTELAN


Post 8

POSTER FESTIVAL JEPANG MAHASISWA PRODI PERHOTELAN



Kunjungan Tamu

Post 8

KULIAH TAMU OLEH KERY DAN ASHLEY DARI AMERIKA TENTANG CULTURE DIFFERENCE


Post 8

KUNJUNGAN HOTEL HARPER MAKASSAR DI PRODI PERHOTELAN POLITEKNIK BOSOWA


Post 8
Post 8

DOSEN TAMU DARI HOTEL ARYADUTA MAKASSAR DI PRODI PERHOTELAN



Kunjungan Industri

Post 8

KUNJUNGAN PRODI PERHOTELAN DI PT.EASTERN FLOUR MILLS

10 Alasan Mengapa Program Studi Perhotelan

  1. Peluang kerja Industri Perhotelan Sangat Banyak
  2. Staff Pengajar yang Profesional (Akademisi dan Industri)
  3. Kurikulum sesuai kebutuhan industri (IBE)
  4. Presentase belajar terdiri dari 70% Praktik dan 30% Teori
  5. Satu-satunya kampus yang memiliki tempat Praktik Langsung pada Hotel Berbintang di Makassar
  6. Praktik Industri (PPI) selama 1 Tahun (2 Hotel) di dalam dan luar negeri
  7. Kesempatan untuk langsung bekerja di unit Perusahaan Bosowa
  8. Jenjang Karir di industri Perhotelan sangat menjanjikan
  9. Mendidik Mahasiswa Berakhlak Mulia, Profesional, Berjiwa Enterpreneur
  10. Lulusan dibekali sertifikat KOMPETENSI ASEAN

Doc PHT
Doc PHT
Doc PHT
Doc PHT
Doc PHT
Doc PHT
Doc PHT
Doc PHT
Doc PHT
Doc PHT
Doc PHT
Doc PHT
Doc PHT
Doc PHT
Doc PHT
Doc PHT