Profil Perhotelan


Visi
Vision

Menjadi program studi vokasi bidang jasa perhotelan yang menghasilkan lulusan terampil, inovatif, berjiwa entrepreneur, menjunjung kearifan lokal dan berakhlak mulia yang diakui secara nasional dan internasional pada tahun 2020
Becoming a vocational education in hospitality which produces skillful, innovative, entrepreneurial, upholding local wisdom and noble graduates which are acknowledged national and internationnaly in 2020


Misi
Mission

Misi Program Studi DIII Perhotelan adalah :
The missions of D-III Hospitality of Bosowa Polytechnic are:

  1. Menyelenggarakan kegiatan pendidikan tinggi vokasi, penelitian dan pelayanan/pengabdian kepada masyarakat yang sesuai dengan kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi.
    Conducting higher vocation education, research, and community service based on the advancement of science and technology
  2. Menghasilkan lulusan berkualitas dan inovatif yang dibekali dengan sertifikat kompetensi nasional di bidang Perhotelan yang didukung dengan akhlak mulia.
    Producing high quality and innovative graduates with national-level certificate of competency in Hospitality who have noble attitude
  3. Mengembangkan jiwa entrepreneurship pada mahasiswa untuk mendorong tumbuhnya lapangan kerja mandiri di bidang Perhotelan.
    Building students’ entrepreneurial skill to encourage the growth of independent hospitality employment
  4. Menanamkan sikap daya saing global melalui pendidikan berbasis industri (Industrial Based Education).
    Inculcating global competitiveness through industrial based education
  5. Memperluas jaringan kerjasama yang saling menguntungkan dengan berbagai pihak secara berkelanjutan dalam khususnya bidang Perhotelan atau Pariwisata
    Expanding sustainable mutual collaborations with various parties especially in Hospitality industry

 

Tujuan
Goals

Selaras dan konsisten dengan misi prodi ditetapkan tujuan Prodi DIII Perhotelan adalah:
Consistent with mission statements of D-III Hospitality Study Program, our goals are:

  1. Menghasilkan tenaga Junior Hotelier (AMd) didukung dengan keterampilan, pengetahuan dan perilaku yang sesuai dengan kebutuhan industri Perhotelan dan atau Pariwisata
    Producing Junior Hoteliers (A.Md.) who have skills, knowledge and attitude based on the needs of Hospitality industry
  2. Menghasilkan penelitian dan pengabdian serta pelayanan kepada masyarakat dalam bidang Perhotelan
    Producing researches and community services in Hospitality field
  3. Menghasilkan penerimaan dan kemanfaatan bagi prodi DIII Perhotelan melalui kerjasama dengan berbagai pihak industri perhotelan
    Producing graduates with high acceptance in industry and can benefit the study program through collaborations with various parties in hospitality industry
  4. Menghasilkan lulusan yang memiliki etika bisnis dan etika kerja yang dapat bersaing global di industri Perhotelan dan atau Pariwisata.
    Producing graduates who have business and work ethics that can compete globally in Hospitality industry
  5. Menghasilkan lulusan yang menjunjung kearifan lokal
    Producing graduates who uphold local wisdom
  6. Mendorong tumbuhnya young-entrepreneur yang dapat membuka pekerjaan mandiri.
    Encourage the growth of young entrepreneurs who can provide employments

Pelaksanaan pembelajaran pada prodi perhotelan menerapkan dual sistem yaitu pembelajaran yang berlangsung di kampus dan industri (Industrial Based Training). Perkuliahan berlangsung dengan sistem 1 minggu teori dan 2 minggu praktik yang berlangsung di tiga tempat yaitu kampus Politeknik Bosowa, Hotel Aryaduta Makassar dan Novotel Grand Shayla Makassar sebagai lokasi praktik kampus di industri . Materi pembelajaran dapat diakses dengan sistem edmodo dalam bentuk power point/prezi. Melalui sistem edmodo mahasiswa dapat melihat tugas yang diberikan oleh dosen dan mengumpulkan tugas. Penggunaan sistem edmodo ini dapat mendorong mahasiswa berfikir lebih kreatif serta berwawasan multimedia. Mahasiswa akan melaksanakan Program Praktik Industri (PPI) pada semester 3 & 4 selama hampir 1 tahun di berbagai hotel berbintang di kota-kota besar di Indonesia. Lulusan program studi perhotelan politeknik Bosowa akan dibekali dengan pengalaman kerja 1 tahun.
The course in Hospitality study program adopts two systems where the course is conducted in both campus and industry (Industrial Based Training). The course is conducted with 1 week theory and 2 weeks practice in three places: Bosowa Polytechnic, Aryaduta Hotel Makassar and Novotel Grand Shayla Makassar as the venue for industrial practice. The study material can be accessed with Edmodo system in Power Point/Prezi presentation. In this system, the students can see the tasks assigned by the lecturers and submit them in the system. The use of Edmodo can encourage the students to think creatively and have multimedia insights. The students will have Industrial Practice Program (PPI) in semester 3 and 4 for almost a year in 4 or 5 star hotels in major cities in Indonesia. The graduates of Hospitality study program will have 1 year experience

Struktur kurikulum program studi Perhotelan berdasarkan kelompok bahan kajian sesuai dengan Kepmendiknas No. 232/U/2000 terbagi ke dalam lima unsur kompetensi mata kuliah, yaitu:
The curriculum of Hospitality study program is based on the subjects chosen by Kepmendiknas No.232/U/2000 which are divided into five competency subjects as followed

  1. MPK (Mata kuliah Pengembangan Kepribadian), yang berbobot: 7 SKS (6 %)
    MPK (Personality Development Courses): 7 credits (6 %)
  2. MKK (Mata kuliah Keilmuan dan Ketrampilan), yang berbobot: 26 SKS (24 %)
    MKK (Knowledge and Skill Courses): 26 credits (24 %)
  3. MKB (Mata kuliah Keahlian Berkarya), yang berbobot: 29 SKS (26 %)
    MKB (Work Skill Courses): 29 credits (26 %)
  4. MPB (Mata kuliah Perilaku Berkarya), yang berbobot: 29 SKS (26 %)
    MPB (Work Behavior Courses): 29 credits (26 %)
  5. MBB (Mata kuliah Berkehidupan Bersama), yang berbobot: 19 SKS (17 %)
    MBB (Living-Together Courses): 19 credits (17 %)
Kelompok Mata KuliahMATA KULIAHTotal SKS
TeoriPraktek
MPK (Mata kuliah Pengembangan Kepribadian) Pancasila 1 0
Bahasa Inggris Dasar 1 2
Agama dan Etika 1 0
Kewarganegaraan 1 0
Bahasa Indonesia (Tata Penulisan) 1 0
Olah Raga 0 0
MPK (Mata kuliah Pengembangan Kepribadian) Pengantar Pariwisata 1 0
Pengantar Akomodasi & Restoran 1 0
Keselamatan dan Kesehatan Kerja 1 0
Komunikasi Budaya 1 0
Peraturan Ketenagakerjaan 1 0
Bahasa Inggris Hotel 1 2
Bahasa Asing Perancis 1 1
Pengantar Ilmu Akuntansi 1 1
Dasar-Dasar Manajemen 1 0
Aplikasi Komputer 1 1
Bahasa Inggris Boga 1 2
Bahasa Perancis Profesi 1 1
Statistik Pariwisata 1 1
Kewirausahaan 1 1
Bahasa Asing Jerman 1 2
MKB (Mata kuliah Keahlian Berkarya) Dasar Pengolahan Makanan 1 2
Pengetahuan Tata Hidang 1 2
Operasional Tata Graha 1 2
Pengolahan Kue dan Roti 1 2
Operasional Kantor Depan 1 2
Operasional Binatu 1 1
Pengendalian Biaya 1 0
Seni Tata Boga 1 1
Higien, Sanitasi dan Pengelolaan Peralatan 1 0
Ilmu Gizi 1 0
Akuntansi Hotel 1 1
Psikologi Pelayanan Hotel 1 0
Etika Profesi Hotel 1 0
Kualitas Pelayanan Hotel 1 0
Sistem Informasi Hotel 1 1
MPB (Mata kuliah Perilaku Berkarya)) Manajemen Acara dan Konvensi 1 1
Manajemen Pemasaran Hotel 1 1
Manajemen Hotel 1 1
Manajemen Tata Graha 1 2
Manajemen Kantor Depan 1 2
Manajemen Bartending 1 1
Manajemen Patiseri 1 1
Manajemen Pengolahan Makanan 1 2
Manajemen Tata Hidang 1 2
Bahasa Inggris Profesi 1 2
Teknik Supervisi Hotel 1 1
Metodologi Penelitian Pariwisata 1 1
MPB (Mata kuliah Perilaku Berkarya)) Program Praktik Industri I 0 6
Seminar Praktik Industri I 0 1
Program Praktik Industri II 0 6
Seminar Praktik Industri II 0 1
Proyek Akhir **) 0 4
Proposal Proyek Akhir 1 0

Kompetensi lulusan Diploma-III Program Studi Perhotelan disusun berdasarkan parameter kompetensi yang terdiri dari:
Competencies of D-III of Hospitality Study Program graduates are arranged based on the following competency parameter

  1. Tingkatan kompetensi (pengetahuan & ketrampilan, alih pengetahuan & ketrampilan, dan tugas & wewenang)
    Competency development (knowledge and skill, transfer of knowledge and skill, and task and authority)
  2. Karakteristik pekerjaan (aspek pengoperasian, aspek pemanfaatan, dan aspek pengelolaan)
    Work characteristics (operational, utilizing, and managing aspects)
  3. Lima aspek pelaksanaan pekerjaan (plan, do, check, prevention, action)
    Five implementation aspects (plan, do, check, prevention, action)

Profil lulusan Diploma III (D-III) Program Studi Perhotelan merujuk kepada bidang pekerjaan atau jenis pekerjaan yang berkaitan langsung dengan industri dengan sebutan kualifikasi Junior Hotelier yang diharapkan dapat berperan sebagai:
The profile of D-III Hospitality Study Program graduates is based on the work fields or types of job directly related to the industry with qualification of Junior Hotelier which are expected to do a job as:

  1. Assistant Maitre d’Hotel (captain/supervisor) memiliki tanggung jawab mengontrol operasional Restoran dimulai sebelum membuka restoran hingga menutup operasional restoran.
    Assistant Maitre d’Hotel (captain/supervisor) responsible to control restaurant operations from opening to closing
  2. Demi Chef memiliki tanggung jawab membantu menjalankan tugas chef, mengontrol kerja bawahannya (first commis, second commis dan cook helper) pada area main kitchen, pastry, cold kitchen ataupun butcher kitchen.
    Demi Chef responsible to help running the jobs of chef, control the work of their subordinates (commis, second commis, and cook helper) in main kitchen, pastry, cold kitchen and butcher kitchen.
  3. Front Office oficer memiliki tanggung jawab melaksanakan pekerjaan seputar reception, reservation, hotel operator, business center dan concierge.
    Front Office oficer responsible to run a job such as reception, reservation, hotel operator, business center and concierge
  4. Sales Marketing memiliki tanggung jawab melakukan promosi pada institusi pemerintahan, perusahaan/ perorangan serta mengatur sebuah acara di Hotel.
    Sales Marketing responsible to promote the hotel to government institutions, companies/ persons and organizing events in the hotel
  5. Housekeeping officer memiliki tanggung jawab melaksanakan pekerjaan untuk administrasi departemen Tata Graha dan Laundry Hotel.
    Housekeeping officer responsible to do jobs in Housekeeping and Laundry department in the hotel
  6. Staff Hotel Accounting terdiri dari beberapa lingkup pekerjaan seperti; purchasing, receiving, cashier, cost control, store keeper.
    Hotel Accounting Staff consists of the jobs such as: purchasing, receiving, cashier, cost control, store keeper
  7. GRO (Guest Relation Officer) memiliki tanggung jawab menangani tamu group, VIP yang membutuhkan pelayanan ekstra selama menginap atau melaksanakan acara di Hotel.
    GRO (Guest Relation Officer) responsible to handle group guests, VIPs who need extra services or are conduction an event in the hotel

Foto Kegiatan Mahasiswa
Students Activities

Post 8

EVENT FESTIVAL JEPANG MAHASISWA PRODI PERHOTELAN
Japanese Festival of Hospitality Students


Post 8

POSTER FESTIVAL JEPANG MAHASISWA PRODI PERHOTELAN
Poster of Japanese Festival of Hospitality Students



Kunjungan Tamu

Post 8

KULIAH TAMU OLEH KERY DAN ASHLEY DARI AMERIKA TENTANG CULTURE DIFFERENCE
Guest Lecturers: Kery and Ashley from USA about cultural differences


Post 8

KUNJUNGAN HOTEL HARPER MAKASSAR DI PRODI PERHOTELAN POLITEKNIK BOSOWA
A visit from Harper Hotel, Makassar


Post 8
Post 8

DOSEN TAMU DARI HOTEL ARYADUTA MAKASSAR DI PRODI PERHOTELAN
A guest Lecturer from Aryaduta Hotel, Makassar



Kunjungan Industri
Industrial Visit

Post 8

KUNJUNGAN PRODI PERHOTELAN DI PT.EASTERN FLOUR MILLS
Visiting PT. Eastern Pearl Flour Mills

10 Alasan Mengapa Program Studi Perhotelan
10 Reasons Why Choosing Hospitality of Bosowa Polytechnic

  1. Peluang kerja Industri Perhotelan Sangat Banyak
    Many work opportunities in the industry
  2. Staff Pengajar yang Profesional (Akademisi dan Industri)
    Professional teaching team (scientists and practitioners)
  3. Kurikulum sesuai kebutuhan industri (IBE)
    Industrial Based Education
  4. Presentase belajar terdiri dari 70% Praktik dan 30% Teori
    Courses consist of 70% practice and 30% theiry.
  5. Satu-satunya kampus yang memiliki tempat Praktik Langsung pada Hotel Berbintang di Makassar
    The only one that has 4 and 5 star hotel as daily practice venue. Practice in 4 and 5 star hotels in Makassar.
  6. Praktik Industri (PPI) selama 1 Tahun (2 Hotel) di dalam dan luar negeri
    Internship (PPI) for 1 year in 2 hotels in Indonesia and abroad.
  7. Kesempatan untuk langsung bekerja di unit Perusahaan Bosowa
    Opportunities to work in Bosowa’s companies.
  8. Jenjang Karir di industri Perhotelan sangat menjanjikan
    Career path in hospitality industry is promising.
  9. Mendidik Mahasiswa Berakhlak Mulia, Profesional, Berjiwa Enterpreneur
    Educate the students to be noble, professional, and ready to become an entrepreneur.
  10. Lulusan dibekali sertifikat KOMPETENSI ASEAN
    The graduates have ASEA level certificate of competency.

Doc PHT
Doc PHT
Doc PHT
Doc PHT
Doc PHT
Doc PHT
Doc PHT
Doc PHT
Doc PHT
Doc PHT
Doc PHT
Doc PHT
Doc PHT
Doc PHT
Doc PHT
Doc PHT