PENYAMBUTAN MAHASISWA BARU, POLITEKNIK BOSOWA PERSIAPKAN MAHASISWANYA MENGHADAPI PERKEMBANGAN INDUSTRI ABAD KE-21


Senin, 2018-11-05 - 08:16:58 WIB

    Masa orientasi untuk seorang mahasiswa biasanya dikenal dengan kekerasan dari pihak senior kini sudah tidak zaman lagi dan sudah menjadi rahasia umum dikalangan para mahasiswa baru, salah satu yang telah mengaplikasikan program ospek dengan cara yang berbeda yaitu Politeknik Bosowa, dikenal dengan program POTENSIAL (Program Orientasi Penyambutan Mahasiswa Baru). Ospek ini lebih dilakukan dengan cara yang milenial dan lebih mementingkan perkembangan para mahasiswa baru.

    Politeknik Bosowa menyambut para mahasiswa barunya dengan kuliah umum dengan mempersiapkan mereka untuk menyambut perkembangan industri pada abad ke-21 yang sengaja dilakukan agar para mahasiswa lebih mengetahui prospek kerja mereka nantinya dan agar siap memasuki dunia pekerjaan yang sesungguhnya.

    Kuliah umum yang dibawakan oleh Prof. Dr. Eko Kuntarto, Mpd, M.Comp seorang dosen dari Pascasarjana Universitas Jambi, mengajarkan para mahasiswa baru tentang tujuan untuk kuliah dan mengapa seseorang kuliah. Prof Eko mengatakan "seseorang kuliah agar berubah, yang tadinya bukan apa-apa lalu menjadi siapa-siapa, perubahan yang yang dimaksud adalah perubahan yang memanfaatkan segala macam jenis teknologi guna memaksimalkan perkembangan industri abad-21".

    Menghadapi perkembangan industri abad-21 perlu persiapan yang matang diantaranya adalah persiapan literasi baik itu, baca tulis, analisis, sains, finansial, dan digital. "Kemampuan yang dibutuhkan untuk mahasiswa sekarang dalam menghadapi perkembangan industri yaitu pertama kemampuan kritis, mahasiswa tidak hanya berani mengkritik namun diharapkan mampu memberi solusi terhadap kritik yang dikeluarkan. kedua kemampuan kreatif, orang-orang yang kreatif biasanya banyak dibutuhkan perusahaan, memberi hal-hal baru untuk perkembangan perusahaan adalah kunci utama dapat bertahan diera industri abad ini. ketiga kemampuan kolaboratif, yakni mampu bekerja sama dengan baik. yang terakhir kemampuan komunikatif, komunikasi adalah kuncinya, dapat memberi arahan dan negosiasi dengan baik untuk perkembangan perusahaan adalah modal yang bagus". Tambah Prof. Eko diakhir kuliah umum yang dibawakan.


Share Berita


Komentari Berita