Alumni Politeknik Bosowa masuk dalam formasi pegawai Direktorat Jenderal Pajak


Jumat, 2018-05-04 - 23:10:27 WIB

Ambar Puspitasari dan Nanda Regina Rahman merupakan dua dari alumni Program Studi Perpajakan Politeknik Bosowa angkatan 2013 yang berhasil meninggikan nama kampus. Ciri-ciri kesuksesan  sudah terlihat saat Ambar (panggilan akrabnya) masih duduk untuk mengenyam pendidikan sebagai Mahasiswa semester 3 di prodi Perpajakan Politeknik Bosowa. Ambar dan dua orang rekan timnya mengikuti National Accounting Challenge Tahun 2015 dan berhasil meraih peringkat ke-8 dari 12 Universitas Se-Sulawesi Selatan.

 Selain sukses di bidang akademik, Ambar(panggilan akrabnya) juga aktif di UKM Seni dan UKM Rohis yang ada di Politeknik Bosowa. Selain aktif di kampus, Ambar juga aktif dalam organisasi diluar kampus yaitu IFL (Indonesia Future Leaders) Sulawesi pada tahun 2012/2013, dan YOT (Young On Top) Makassar di tahun 2015/2016.

Gadis kelahiran Makassar tahun 1995 ini terlahir dari keluarga sederhana. Hal itu tidak menyurutkan niatnya untuk meraih kesuksesan. Bertolak dari niat membahagiakan orang tua dan diikuti dengan kerja kerasnya dan keyakinan yang teguh, juga support dari keluarga dan dosen sehingga ia dapat meraih pencapaiannya saat ini.

“Saat pertama bergabung di kampus Politeknik Bosowa, saya memang terbilang sangat susah berdaptasi terutama masalah manajemen waktu. Saya hampir diberikan SP3 oleh pihak kampus. Namun, dari situlah motivasi saya untuk berubah muncul. Manfaat yang saya rasakan sampai saat ini adalah  Politeknik Bosowa telah mengajarkan kepada saya bagaimana menghargai waktu” ujar Ambar saat diwawancarai via telepon pada Rabu (2/5). 

“Mata kuliah yang tergolong susah menurut saya adalah mata kuliah Matematika Keuangan yang hingga saat ini masih berkenan dihati dan ingatan saya,tak lupa suasana kelas yang akan selalu saya rindukan” tambahnya lagi.

Lain halnya dengan Nanda (panggilan akrabnya), putri dari almarhum Rahman Ma’gu ini mempunyai kesan yang mendalam saat praktik industri. “Masa yang berkesan saat berada di Politeknik Bosowa adalah masa-masa PPI (Program Praktik Industri). Saya sempat merasakan tiga tempat  PPI yaitu di Hotel Aryaduta, Hotel Aston,  dan PT Gowa Motor. Pengalaman PPI di tiga tempat adalah sebuah kesempatan emas yang tidak dirasakan oleh teman-teman saya yang lain.”

“Tidak hanya itu, selama berada di Politeknik Bosowa, hal berkesan yang akan selalu saya ingat yakni  saat-saat dimana saya dan seorang dosen andalan saya (Ibu Nurul Afifah) menikmati sesi curhat-curhatan. Semua hal itu selalu saya rindukan, termasuk suasana kelas, dosen dan teman-teman. Terlepas dari itu keberhasilan saya pasti karena dukungan mereka semua terutama orang tua dan suami saya”, tambah Nanda. Alumni Politeknik Bosowa Angkatan 1 ini pernah menimba pengalaman dengan bekerja di PT Multi Trading Pratama dan PT So Good Food. 

Pada November 2017 lalu, baik Ambar dan Nanda, keduanya lulus dalam rekrutmen CPNS Kementerian Keuangan di Unit Kerja Direktorat Jendral Pajak. Ambar ditempatkan di Pengelolaan Data Layanan Perpajakan dan Nanda ditempatkan di Pengelola Data Penagihan Pajak. Saat ini Ambar bertugas di Kantor Pelayanan Pajak (KPP) Pratama Majene dan Nanda bertugas di KPP Pratama Bau-Bau.

Reporter: Resky Amelia (Perpajakan, Angkatan 2017)


Share Berita


Komentari Berita